Syamsul 'isul' Arifin

kartunis dan desainer

Tue, Aug 9, 2016

Nggak Lagi Mbah Google, Selamat Datang Mbah Kwek Kwek

Mbah Google, term yang sangat akrab di telinga netizen indonesia. Penggunaan kata mbah adalah sebagai bentuk pengakuan akan hebatnya mesin pencari itu. Tapi secara pribadi, justeru sekarang mau meninggalkan google sebagai search engine dan mengurangi ketergantungan terhadap google sebagai penyedia banyak layanan teknologi seperti e-mail, medsos dan lain sebagainya. Apa pasal? Saya begitu kecewa dengan dihapusnya Palestina di Google Map oleh googgle. Diperkirakan penghapusan itu dari tanggal 25 Juli 2016.

DuckDuckGo

Untuk search engine, saya menghapus mbah google dari browser dan menggantinya secara default dengan Mbah Kwek Kwek, DuckDuckGo.

Untuk layanan email, saya sudah terbiasa dengan zoho.com sebagai mail server. Tapi untuk personal email, saya sangat susah registrasi di zoho.com. akhirnya melakukan pencarian dan mendapatkan link ini… http://email.about.com/od/freeemailreviews/tp/free_email.htm. Pilihan akhirnya jatuh ke yandex yang ringan dan fiturnya lumayan. Awalnya saya mencoba outlook tapi lambat dan berat aksesnya melalui browser.

Tapi mungkin tak semua produk google yang saya bisa “boikot”. Saya akui betapa menggurittanya google. Tapi minimal saya menunjukkan ketidaksukaan saya terhadap penghapusan palestina di google map.

comments powered by Disqus