Syamsul 'isul' Arifin

kartunis dan desainer

Thu, Jun 30, 2016

Tiga Static Site Generator yang Keren

Pada awalnya pusing karena tempat hosting nggak support sama permintaan CMS yang perlu PHP yang lebih tinggi. Mau pindah server itu artinya perlu waktu agar setting misalnya email bekerja. Setelah googling ternyata ada solusinya yaitu Static Web Generator. Akhirnya coba-cobalah menggunakan Static Website Generator. Ini tiga static website generator yang cukup keren.

Nanoc

Nanoc

Nanoc adalah static website generator yang dibuat dengan bahasa Ruby. Proses dan templatenya simple. Konten dibuat dengan menggunakan html tapi bisa juga dengan markdown nanoc yang bernama kramdown. Nanoc dibuat untuk pembuatan website dilihat dari tutorialnya. Untuk pembuatan blog bisa search di internet, ada blog yang membuat tutorial blog untuk nanoc.

Luapress

Luapress

Luapress adalah static website generator yang dibuat dengan bahasa Lua. Proses pembuatan websitenya cepat, simple dan gampang. Pun pembuatan kontennya pun mudah karena menggunakan Markdown. Luapress juga memiliki fitur pembuatan blog yang cukup mudah. Tapi sayangnya forum support-nya sepertinya nggak jalan.

Hugo

Hugo

Static web generator ini cukup keren. Selain simpel, cepat dan mudah, Hugo di dukung komunitas yang cukup besar. Jadi masalah-masalah yang muncul bisa di tanyakan lewat forum komunias Hugo. Template yang sudah dibuat oleh komunitas juga lumayan banyak, tingggal dipilih…dipilih… dipilih. Hugo menggunakan bahasa Go. Yang lebih kerennya lagi, Hugo menjadi bagian official repository Debian dan Ubuntu sejak January 2016.

comments powered by Disqus