Syamsul 'isul' Arifin

kartunis dan desainer

Thu, Oct 12, 2017

Sedikit Pengalaman Menginstal dan Menggunakan Debian

debian screenshot

Akhirnya saya menginstall juga Debian. Me-replace KDE Neon. Ngeri-ngeri gimana gitu soalnya katanya Debian itu beda dengan Ubunt. Kayaknya angker gitu. Pernah sih nginstal Debian lewat VirtualBox yang cuman pake Window Manager Openbox. Pusing masalah repo-nya.

Dan saya menginstal Debian langsung di hardisk. Saya pake Netinstall. Ternyata cukup lama. Kira-kira hampir 2-4 jam. Itu waktu pake kambing UI reponya. Ketika saya ubah repo-nya (ceritanya berapakali instal ulang hee hee) jadi debian.org. Lumayan cepat.

Instal pertama pake DE (Desktop Environment) default, GNOME. Asyik. Tapi cukup berat. Akhirnya Instal KDE Plasma (Sebut saja selanjutnya plasma). Nah ini.. ni… Kayaknya kok beda ya Plasma di KDE Neon dengan yang di Debian. KDE Neon idle memory-nya 200-300 tapi di Debian sampai 500mb. Tapi walau begitu, KDE neon terasa lebih lambat dan kadang stuck. Debian plasma terasa lurus-lurus saja.

Pengalaman yang paling berkesan itu masalah ‘SUDO’. Ya secara default SUDO tidak ditambahkan. Nginstal sendiri. Untuk nginstal paket misalnya kita menjadi root terlebih dahulu dengan mengetikkan ‘SU’. Ini cukup ribet dan seringkali bermasalah dengan cara instal aplikasi dengan cara Ubuntu yang pake SUDO. Karena Debian menggunakan dua user, Root dan non-root, pemakaian SUDO pada user bukan root. Ini bedanya dengan Ubuntu. Pemakaian SUDO secara default harus pada user root selain itu mesti user tersebut ditambahkan ke group sudo.

Masalah repo.

Karena laptop saya meminta firmware Realtek, saya harus menambahkan repo non-DFSG. Ketika setting ini saya ubah pada pada Discover (software centernya Debian plasma) dan saya update repo-nya, kok dapet notifikasi error. Setelah saya searching di internet, file trusted.gpg pada folder /etc/apt/ perlu dihapus dulu.

Selanjutnya…bekerja bersama debian cukup menyenangkan.

comments powered by Disqus